Search and Subscribe

PageList2

Search

Senin, 28 Maret 2011

apa itu blog?????



Pada awalnya, kata blog dipakai sebagai kependekan dari Weblog, yaitu istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. John Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu di-update secara kontinyu dan berisi link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Roger Yim, seorang kolumnis San Francisco Gate, pada Februari 2001, menuliskan bahwa sebuah blog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar link di internet. Scott Rosenberg dalam kolomnya di majalah online Salon pada Mei 1999 menyimpulkan bahwa blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekumpulan link, tapi kurang instropektif daripada sebuah diary yang disimpan di internet.
Setelah berjuang beberapa lama mencari makna kata blog, saya menemukan beberapa definisi yang menurut saya bisa digunakan untuk menjelaskan apa itu sebenarnya blog. Di antaranya olehwww.harvard.edu, blog didefinisikan sebagai 'susunan teks, gambar, objek, media, dan data yang disusun secara berurutan yang bisa ditampilkan dalam browser HTML'.Sementara itu, menurutwww.marketingterms.com, sebuah weblog adalah 'publikasi personal dari buah pikiran seseorang yang diterbitkan secara rutin'.
www.computersprintersrepairshouston.com danwww.matisse.net menyatakan bahwa weblog pada dasarnya adalah 'sebuah jurnal yang tersedia di web. Aktivitas memperbarui blog disebut "blogging" dan seseorang yang memiliki blog disebut "blogger". Blog biasanya di-update setiap hari dengan menggunakan software yang memungkinkan mereka yang memiliki latar belakang teknis sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali bisa meng-update dan mengelola blognya. Tulisan pada blog hampir selalu berurutan'. 
Kata blog berasal dari kependekan weblog. Menjadi penulis blog, mengelola blog, atau menambahkan artikel pada blog yang sudah ada diseut "blogging". Artikel pribadi di dalam blog disebut sebagai "blog post", "post", atau "entries". Seseorang yang memasukkan tulisan ini disebut "blogger". Sebuah blog adalah perpanduan teks, hyperteks, gambar dan link (link ke web lain atau video, audio, dan file lainya). Blog menggunakan dokumentasi bergaya konversasional. Seringkali blog terfokus pada topik tertentu, seperti apa yang terjadi dengan politik dunia. Beberapa blog membicarakan pengalaman pribadi. Demikian definisi blog menurut www.wikipedia.org
Kalau diambil benang merah seluruh definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa blog adalah sebuah sarana tulis-menulis tempat semua orang bebas mengekspresikan apa yang ingin disampaikan dan tulisan tersebut dapat dilihat oleh semua pengguna internet.
Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman Whats New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer, bahkan sebelum Netscape. Pada Januari 1994, Justin Hall memulai website pribadinya, Justins Home Page, yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat dikatakan sebagai blog pertama yang mirip dengan blog yang kita kenal sekarang.
Tahun 1998, jumlah blog yang ada di luar sana belumlah seberapa. Hal ini disebabkan saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat sebuah blog. Oleh sebab itu, hanya mereka yang berkecimpungan di bidang internet, System Administrator, atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan blog mereka sendiri.
Pada tahun 1999, sebuah perusahaan yang berbasis di Silicon Valley bernama Pyra Lab meluncurkan layanan Blogger.com yang memungkinkan siapa pun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan blognya sendiri secara online dan gratis walaupun sebelum itu (Juli 1999) layanan membuat blog online dan gratis, yaitu Pitas, telah membuat blogger bertambah hingga ratusan.
Saat ini, jumlah blogger di Indonesia diperkirakan 250.000 orang lebih (www.ayongeblog.com). Secara keseluruahn, ada sekitar 88 juta blogger di seluruh dunia. Akan tetapi, ada beberapa tempat di dunia yang memiliki jumlah aktivitas blogging yang intens, yang oleh majalah Business Week disebut "Sabuk Blog Dunia". Sebagai salah satu bentuk kemajuan perkembangan blogger di Asia, ada empat kota di Asia yang mendapatkan penilaian sebagai salah satu "Sabuk Blog Dunia" karena tingginya aktivitas posting dan komentar blog. Dalam salah satu edisi majalah Business Week, "Sabuk Blog Dunia" digambarkan.
Dari Sabuk Blog ini, terlihat bahwa Amerika Utara adalah wilayah dengan aktivitas blogger yang tertinggi di Dunia. Mungkin ditunjang oleh kemudahan akses internet yang cukup murah dan bisa secara lebih merata oleh penduduk di daerah tersebut. Namun demikian, aktivitas blogger di negara-negara berkembang yang ditunjukkan oleh kota-kota seperti Mumbai, Jakarta, dan Mexico City tidak bisa dipandang sebelah mata. Saat ini, masyarakat sudah mulai "aware" dengan apa yang disebut blog, yaitu terbukti dengan berjibunya buku yang mengukas blog yang banytak ditawarkan di toko-toko buku.
Secara sederhana, topik sebuah blog adalah daerah kekuasaan si blogger-nya tanpa ada editor atau bos yang ikut campur. Tema segila apa pun dapat kita temukan sejalan dengan makin bermunculan blog di Internet.
Rebecca Blood menulis bahwa setelah ia membuat blognya, ada dua efek samping yang terjadi yang ia tidak pernah perkirakan sebelumnya. Pertama, ia menemukan kembali minatnya semenjak ia membuat blog. Kedua, yang lebih penting, ia lebih menghargai cara pandangnya sendiri. Ketika setiap harinya ia meng-update blognya, ia mulai mempertimbangkan opini dan ide-idenya dengan lebih hati-hati dan ia mulaimerasakan bahwa perspektifnya adalah unik dan penting untuk disuarakan.
Menulis blog atau blogging setiap hari akan membuat blogger menjadi penulis yang lebih percaya diri. Dengan terbiasa mengekspresikan pikiran pada blognya, seorang blogger dapat dengan lebih baik mengartikulasikan opininya. Blog dapat menjadi semacam terapi jiwa.
Blogger menurut sifat dasarnya bukanlah reporter. Mereka berperan sebagai editor dalam blognya masing-masing dan dalam sebuah dunia dengan budaya media yang telah jenuh, blog menjadi suara-suara alternatif yang menyuarakan bunyi independen dalam setiap ulasanya. Blog bukanlah obat mujarab untuk budaya yang telah jenuh dengan media, tapi mudah-mudahan blog adalah salah satu peredaranya - Rebecca Blood
Pada tulisanya di Star Telegram, Francez Katz menulis bahwa blog adalah generasi kedua dari Home Page Pribadi. Perbedaan utama antara Home Page Pribadi dab Blog, yaitu bahwa Home Page Pribadi adalah tempat Anda menyimpan foto keluarga, foto anda, dan kemudian mendistribusikan informasi kepada lingkaran kecil teman-teman dan keluarga. Sementara itu, blog dirancang untuk pengunjung. Blog memiliki suara spesifik dan kepribadian. Blog karenanya adalah kepanjangan interaktif dari pembuatnya - Enda Nasution; copywriter, pemilik, serta penikmat blog
Cara yang paling direkomedasikan untuk memiliki blog sendiri adalah dengan mendaftarkan diri ke Blogger.com, belajar sedikit tutorial HTML dasar, dan Anda sudah memiliki blog sendiri. Blogger.com tidak membatasi jumlah blog yang bisa anda miliki dan tidak membatasi kapasitas panjang blog anda. Anda bisa memilih desain interface blogAnda dari template yang sudah disediakan. Jika anda sudah menguasai HTML, Anda bisa merancangnya sendiri atau memodifikasinya. Blog Anda bisa ditempatkan di layanan website gratis, seperti Tripod atau Geocities atau bisa juga ditempatkan di server yang telah disediakan Blogger.com.
Seiring dengan waktu, perkembangan blog terus berjalan. Sekarang, ada bermacam-macam layanan blog di internet, baik yang gratis maupun berbayar. Beberapa di antaranya:

1.www.wordpress.com
Wordpress.com adalah salah satu layanan blog yang cukup populer. Ada banyak blogger yang menggunakan wordpress sebagai pilihan layanan blogger, baik secara keseluruhan maupun sebagaian ("engine"nya saja). Wordpress biasa digunakan oleh blogger yang memang sangat menginginkan kepopuleran. Hal itu karena layanan blog yang satu ini termasuk layanan blog yang ramah komentar. Artinya, pembaca bisa menyampaikan komentar mereka dengan sangat mudah pada kotak komentar yang selalu tersedia dibawah setiap artikel.

Ini adalah "saudara kembar" wordpress.com. Perbedaannya: Wordpress.com disediakan secara gratis, sedangkan wordpress.org adalah layanan berbayar.

Di Indonesia, jarang ditemukan layanan blog ini sebagaimana juga blogdrive karena layanan blog yang paling populer di Indonesia adalah blogger.com dan wordpress.com


Sejak di akuisi oleh Google, Blogger menjadi salah satu layanan blog yang paling populer. Kepopuleran ini seiring dengan lini bisnis Google, yaitu Google Adsense yang memberikan fasilitas ekslusif kepada pengguna blogger.com. Setiap pemilik blog yang memakai layananAdsense bisa mengatur tampilan iklan Google Adsense yang terpasang dalam blog mereka, langsung dari www.blogger.com



Dikutip dari buku berjudul "Go! Blog" terbitan OASE MEDIA, Cetakan 2009 (dengan sedikit perubahan oleh pap-apap)


0 komentar:

bagus

bagus
lambang nya arh-advance yang lawas
bintang unggu

adjie brotot

Diberdayakan oleh Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites